Beranda » obat herbal » obat kolesterol alami ampuh » obat kolesterol tinggi » obat kole » Dampak Kolesterol Pada Kesehatan Tubuh

Dampak Kolesterol Pada Kesehatan Tubuh

Dampak Kolesterol Pada Kesehatan Tubuh Oktober 2018

Obat Kolesterol Apotek - Kata kolesterol sudah pasti dikenal di telinga kita. Kata itu sering dikaitkan dengan hal-hal tentang makanan lezat, penyakit berbahaya, penyakit geriatri dan sebagainya. Tidak seorang pun yang memiliki kesalahpahaman dengan istilah kolesterol menjadi hal yang menakutkan. Apa artinya kolesterol? Berikut ini penjelasan sederhana agar Anda bisa memahaminya.

Kolesterol adalah komponen lemak kompleks yang terdiri dari 70-80% dari tubuh (organ hati) dan sisa 20% dari eksterior tubuh (nutrisi) untuk berbagai fungsi dalam tubuh, seperti hati, pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku untuk beberapa hormon, Vitamin D, dan juga berperan dalam pencernaan. Kolesterol dalam makanan juga bisa mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah. Ukuran kecil dari pengaruhnya, bagaimanapun, menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Kolesterol tidak larut dalam darah, sehingga harus mengikat ke lipoprotein pemakainya. Kolesterol dapat dibagi menjadi low density lipoproteins (LDL), high density lipoproteins (HDL) dan trigliserida.

  1. LDL kolesterol - Diyakini bahwa kolesterol LDL, atau yang disebut lemak palsu, menumpuk pembuluh darah, terutama arteri yang memasok makanan ke jantung dan otak. Endapan lemak ini disebut lebih tebal, aterosklerosis dan pada akhirnya menghambat sirkulasi darah. Kolesterol LDL optimal jika tingkat darah lebih rendah dari 100 mg / dL.

  2. Kolesterol HDL - Kolesterol HDL disebut lemak baik karena dapat membersihkan dan mengangkut timbunan lemak di dinding pembuluh darah. HDL kolesterol optimal hadir pada tingkat di atas 60 mg / dl. Penyebab rendahnya kolesterol HDL adalah kurang latihan fisik, terlalu banyak lemak dan kebiasaan merokok. Selain itu, penggunaan steroid atau hormon testosteron pada pria dan progesteron dapat menurunkan kolesterol HDL.
  3. trigliserida - Trigliserida adalah bentuk lain dari lemak yang diproduksi oleh tubuh sebagai akibat dari kelebihan kalori dari asupan makan berlebih. Tingginya kadar trigliserida sering menyebabkan tingginya kadar kolesterol tinggi dan LDL, serta rendahnya kadar kolesterol HDL. Biasanya, kadar trigliserida darah harus kurang dari 150 mg / dL.


Pada prinsipnya, LDL dan HDL memiliki fungsi pentingnya masing-masing, sehingga mereka kurang akurat ketika dikategorikan sebagai kerusakan dan baik. Selain itu, kadar kolesterol normal tidak menjamin serangan jantung. Kolesterol hanya berbahaya jika membentuk plak yang dapat memblokir aliran darah. Plak ini disebabkan oleh peradangan yang disebabkan oleh banyak faktor yang dijelaskan pada bagian selanjutnya.

Sumber : https://www.dalimogold.co.id/kolesterol


Harga Terbaru Lainnya