Diagnosis Gondok

Diagnosis Gondok September 2018

Kelenjar tiroid yang bengkak umumnya diketahui oleh dokter melalui pemeriksaan fisik sederhana. Pemeriksaan ini memungkinkan dokter untuk menemukan ukuran dan tekstur tumor dan jenis penyakit tiroid.Pasien juga akan diminta untuk menjalani penilaian fungsi tiroid untuk mengkonfirmasi penyebab yang mendasari kelenjar bengkak. Tes ini dilakukan melalui tes darah untuk mengukur kadar hormon T3, T4 dan TSH (thyroid stimulating hormone atau thyroid stimulating hormone). T3 dan T4 adalah hormon tiroid utama yang ada dalam tubuh, sedangkan TSH adalah pusat kendali produksi hormon tiroid dalam tubuh manusia. Tingkat hormon tiroid yang rendah atau di atas kisaran normal menunjukkan risiko seseorang terkena penyakit.baca juga obat gondok herbal

Sejumlah tes lain dilakukan untuk memberikan informasi lebih rinci tentang kondisi pasien. Beberapa di antaranya termasuk:
Skrining tiroid. Proses ini melibatkan radioisotop untuk memeriksa ukuran dan jenis blok tiroid. Oleh karena itu, tes ini harus dihindari oleh wanita hamil.Pemindaian ultrasound digunakan untuk mengkonfirmasi ukuran dan jenis tonjolan. Demikian pula, nodul tidak dapat ditemukan dengan pemeriksaan fisik.Biopsi. Prosedur ini dilakukan dengan penyedotan jarum halus dan dianjurkan untuk mengetahui jenis sel di blok.Mencegah penyakit gondongMumps pencegahan dimodifikasi sebagai prasyarat.

Gondong karena kekurangan yodium. Konsumsi garam beryodium tinggi dan penggunaan yodium sebagai salah satu bahan dasar adonan adalah cara sederhana untuk mencegah terjadinya hiperplasia tiroid. Selain itu, yodium juga bisa diberikan sebagai suplemen.Gondong yang disebabkan oleh penyakit tiroid autoimun. Pasien dengan levothyroxine dan obat anti-inflamasi dapat diresepkan jika diperlukan. Kedua jenis obat ini dirancang untuk mencegah terjadinya hiperplasia tiroid di kemudian hari.Persik kongenital (bawaan).

Gondong yang telah terjadi sejak lahir dapat mencegah gejala dengan terapi protein untuk periode tertentu setelah bayi lahir. Penggunaan obat ini harus hati-hati sesuai resep.Langkah pengobatan gondokGondong dapat diobati dengan beberapa cara. Penentuan langkah ini tergantung pada beberapa faktor, yaitu: ukuran massa, gejala, dan penyebab hipotiroidisme.
Pemirsa kecil sesekali tidak ditangani secara langsung. Dokter Anda akan memantau perkembangan Anda sebelum melanjutkan. Hipertiroidisme dapat diobati tanpa pengobatan.
Jika tumor terus berkembang untuk mengganggu kesehatan pasien, ada banyak langkah perbaikan yang bisa diambil. Metode pengobatan yang direkomendasikan termasuk:
Obat untuk menurunkan tiroid

Thionamide akan mengurangi kadar hormon tiroid dengan menghambat proses produksi. Obat ini digunakan untuk mengobati hipertiroidisme. Efek samping termasuk mual, nyeri sendi, ruam ringan, dan penurunan tiba-tiba dalam jumlah sel darah putih.
Terapi Penggantian HormonLangkah ini dilakukan untuk mengobati hipotiroidisme dengan mengganti hormon tiroid dan biasanya harus hidup seumur hidup. Contoh obat adalah levothyroxine.
Terapi yodium radioaktif

Perawatan ini juga termasuk hipertiroidisme. Yodium radioaktif akan menghancurkan sel-sel tiroid konsumen. Metode perawatan ini telah menunjukkan bahwa itu mengurangi ukuran massa, tetapi juga dapat menyebabkan hipotiroidisme.
Langkah operasiMassa pembengkakan yang sering dianggap sebagai penyebab gangguan pernapasan dan menyebabkan kesulitan menelan pasien secara umum. Ini akan dilakukan dengan membuang kelenjar tiroid, prosedur yang menghilangkan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid. Prosedur ini juga direkomendasikan untuk pasien yang diduga menderita hipotiroidisme.

Setiap proses harus memiliki risiko, termasuk tiroidektomi. Meskipun probabilitasnya kecil, pasien yang menjalani prosedur ini memiliki potensi komplikasi kerusakan pada saraf dan kelenjar tiroid.Contoh kerusakan neurologis yang mungkin adalah perubahan suara dan sesak nafas. Komplikasi ini bisa bersifat sementara atau permanen. Kerusakan tiroid mempengaruhi pengaturan tingkat kalsium dalam darah dan darah.
Selain berbagai jenis perawatan yang disebutkan di atas, penderita gondok juga merekomendasikan diet khusus, antara lain:
Diet yodium tinggi. Pada orang dengan gondok yang disebabkan oleh kadar yodium yang rendah, makan garam yodium tinggi dapat membantu mengurangi jumlah kelenjar tiroid. Selain itu, suplemen yodium atau levotoxin dapat diresepkan untuk mengobati masalah ini.Diet cyanoglucoside rendah. Cyanoglucoside adalah senyawa alami yang dapat mencegah transfer yodium di kelenjar tiroid. Jadi, batas pembatas

https://www.dalimogold.co.id/gondok


Harga Terbaru Lainnya