Gejala Kanker Hati

Gejala Kanker Hati November 2018

Pengertian Kanker Hati

Syifa Herbal Alami - Hati merupakan salah satu organ tubuh paling penting pada manusia. Hati adalah kelenjar terbesar dalam tubuh serta menjadi organ besar kedua dalam tubuh manusia. Hati berfungsi sebagai pembersih racun dalam tubuh. Maka dari itu, apabila jika organ hati atau liver bermasalah, maka dapat menyebabkan masalah besar pada kesehatan tubuh.

Liver juga menjadi salah satu bagian dari organ tubuh manusia yang dapat terkena serangan kanker. Tetapi, tidak seperti dulu, saat ini kanker liver sudah dapat dirawat dan dicegah. Salah satunya yaitu dengan mengenali gejala-gejala timbul kanker liver. Saat kanker liver sudah diketahui sejak dini, maka akan lebih mudah merawatnya serta mengobatinya dengan efektif.

Kanker hati merupakan kanker yang berasal dari organ hati dimana kanker tersebut juga dapat menyebar ke organ lainnya di dalam tubuh. Kondisi tersebut terjadi pada saat sel-sel yang berada di dalam hati bermutasi atau memperbanyak sel (berkembang) dan membentuk tumor yang tidak terkontrol.

Organ hati yang berfungsi untuk membersihkan darah dari racun dan zat berbahaya seperti alkohol atau obat-obatan, berguna sebagai penghasil empedu yang membantu mencerna nutrisi untuk tubuh menyerapnya dan serta merta mengontrol pembekuan darah.

Kanker hati menjadi salah satu dari lima jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian pada manusia. Sebab berdasarkan data dari hasil riset WHO pada tahun 2015, kanker hati menjadi penyebab atas kematian yang lebih dari 700.000 jiwa dan 9 juta kematian akibat kanker.

Maka dari itu agar terhindar dari kanker hati atau liver, perlu Anda ketahui 9 gejala awal kanker hati agar dapat mewaspadainya, berikut informasinya :

1. Perubahan Warna Urin Menjadi Gelap

Meningkatnya kandungan bilirubin pada darah yang diakibatkan oleh kanker hati akan diteruskan ke urin. Hal tersebut yang menyebabkan urin yang berubah warna menjadi kuning gelap atau bahkan pekat kecokelatan. Apabila Anda menemukan adanya perubahan pada warna urin Anda, maka segera lah memperiksakan diri dan mencari tahu apa yang terjadi pada kesehatan Anda. Bisa dikatakan adanya indikasi kanker yang berada pada liver dalam tubuh Anda.

2. Ascitis

Kondisi dimana berkumpulnya cairan dalam perut atau yang disebut sebagai ascitis adalah salah satu gejala awal pada kanker liver. Perut yang terasa kembung serta mual yang diikuti oleh perkembangan liver dimana hal tersebut menjadi indikasi adanya kanker pada liver.

3. Perut Sering Terasa Sakit

Pembengkakan atau membesarnya liver dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian perut. Sakit perut juga dapat dirasakan jika fungsi liver terganggu. Apa bila Anda mengalami sakit perut yang tidak normal yang disertai dengan adanya pembengkakan liver bisa dikatakan bahwa Anda terkena penyakit liver atau kanker liver.

4. Gatal-Gatal

Jangan lah Anda salah mengira, gatal-gatal juga dapat menjadi salah satu pertanda adanya masalah pada liver. Tanda yang satu ini biasanya sering diabaikan dan terjadi banyak salah persepsi mengenai ini dijadikan sebagai akibat dari penyakit lain. Gatal-gatal pada kulit bisa disebabkan oleh peningkatan bilirubin pada tubuh. Akibat fungsi liver yang terganggu sebab adanya produksi bilirubin yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit Anda.

5. Pembengkakan Liver

Organ hati yang terletak di bagian perut sebelah kanan atas, apabila liver terjadi pembengkakan, maka posisinya dapat melebar hingga bagian tengah perut. Jika Anda sering merasakan keanehan atau sakit pada bagian tersebut, segera lah untuk memeriksakan diri ke dokter. Sebab hal itu menjadi gejala awal adanya kanker hati.

6. Sering Cepat Merasa Lelah

Apabila Anda sering merasa lelah berkepanjangan dan diiringi dengan gejala lain seperti penurunan fungsi liver. Anda dianjurkan untuk mewaspadai jika Anda memiliki penyakit liver. Meskipun rasa lelah bisa saja terjadi akibat kurangnya istirahat atau akibat penyakit lain, tetapi kelelahan yang terus menerus dirasakan juga terjadi pada para pasien kanker liver atau hati.

7. Mual-Mual dan Muntah

Memang mual-mual dan muntah-muntah bisa saja disebabkan oleh penyakit ringan lain, seperti masuk angin tetapi bisa juga disebabkan oleh penyakit yang berbahaya. Tetapi apabila Anda sering mengalami mual-mual dan muntah tanpa sebab yang jelas, maka bisa diindikasikan adanya keselahan pada kesehatan liver atau hati Anda. Segera lah periksakan pada dokter, sebab muntah tanpa sebab bisa dikatakan adanya kanker liver.

8. Menurunnya Berat Badan

Liver yang menjadi salah satu organ penting dalam tubuh yang juga berfungsi menjaga metabolisme. Jika liver bermasalah bisa dilihat ketika seseorang mengalami penurunan berat badan. Penurunan berat badan juga bisa menjadi salah satu pertanda gejala dari kanker hati.

9. Warna Kulit Dan Mata Yang Menguning

Kulit dan mata yang warnanya berubah menjadi warna kuning sebetulnya bukan lah penyakit, melainkan sebuah pertanda bahwa adanya masalah yang terjadi pada liver. Fungsi liver jika bermalah akan menyebabkan produksi bilirubin yang meningkat dan mempengaruhi warna kulit dan juga mata. Selama ini kulit dan mata yang berubah warnanya menjadi kekuningan diyakini sebagai pertanda awal terjadinya kanker liver.

Itu lah 9 jenis gejala yang dapat menjadi penanda adanya masalah yang terjadi pada liver dimana dapat menimbulkan penyakit berat seperti kanker hati, maka dari itu menjaga kesehatan dengan pola makan yang sehat, berolahraga dan istirahat yang cukup akan menjaga kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan Anda. Sekian dan Terima Kasih, wassalam.


Harga Terbaru Lainnya